Yayasan Sedekah Mulia Indonesia Kota Depok Mekar Sari - Yayasan Anak Yatim | Yayasan Anak Yatim Depok | Yayasan Anak Yatim Jakarta | Panti Asuhan Yatim Terdekat di Depok | Panti Asuhan di Depok | Panti Asuhan Anak Yatim di Depok | Yayasan Anak Yatim dan Dhuafa Terdekat
Yayasan Sedekah Mulia Indonesia Kota Depok Mekar Sari

Yayasan Sedekah Mulia Indonesia Kota Depok Mekar Sari

Yayasan Sedekah untuk Para Anak-Anak Yatim dan Dhuafa yang membutuhkan uluran tangan Bapak dan Ibu.

Sedekah kepada Anak Yatim & Dhuafa itu bisa berupa apa saja : Makanan, Minuman, Sembako, Uang, Pakaian, Biaya Sekolah, Barang-Barang yang sudah tidak dipakai di rumah, Sepatu Sekolah, Tas Sekolah bahkan Rumah Asuh Yatim atau Tanah Wakaf atau Rumah Wakaf.

Sedekah merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh seorang muslim yangtelah berlebihan hartanya. Yang wajib bersedekah kepada orang yang berhak menerimanya. harta yang diberikan oleh seseorang yang kaya kepada yang berhak menerimanya fakir dan miskin.

Rasulullah SAW adalah sosok yang amat dermawan. Beliau selalu mencontohkan dan mengajarkan tentang keutamaan bersedekah. Dalam salah satu hadis, bahkan Rasulullah SAW mengatakan bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Berikut empat hadis shahih mengenai keutamaan bersedekah. 

1. Dari Abu Musa dari Nabi SAW, beliau bersabda,‚ÄĚ Wajib bagi setiap Muslim untuk bersedekah.‚ÄĚ Para sahabat bertanya: ‚ÄėWahai Nabi Allah, bagaimana jika ia tidak mendapatkan untuk bersedekah? Beliau menjawab: ‚ÄėBerusaha dengan tangannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan bersedekah. ‚ÄėMereka bertanya: Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?‚Äô Beliau bersabda: ‚ÄėMenolong orang yang sangat memerlukan bantuan. ‚Äė Mereka bertanya: Bangamana jika ia tidak bisa melakukannya? Beliau bersabda: Menyuruh untuk melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, maka hal itu adalah¬†sedekah¬†baginya. (HR Al Bukhari, Muslim dan Ahmad).¬†

2. Dari Hakim bin Hizam Radhiyallhu Anhu, dia berkata, ‚ÄúRasulullah SAW bersabda: ‚ÄėTangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah ketika merasa cukup, barang siapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya.‚ÄĚ(HR Al Bukhari, Ahmad, An-Nasa‚Äôi (dari Abu Hurairah).¬†

3. Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata, ‚ÄúRasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon, ‚ÄėYa Allah, berikanlah ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.‚Äô Dan satu lagi memohon: ‚ÄėYa Allah, musnahkanlah harta si bakhil.‚ÄĚ (HR Al Bukhari dan Muslim).¬†

4. Dari Adi bin Hatim Ra, dia berkata, ‚ÄúRasulullah SAW menyebutkan tentang neraka, maka wajah beliau berubah, lalu beliau berlindung darinya sebanyak tiga kali, lalu beliau bersabda: Takutlah kalian dari api neraka, walaupun bersedekah dengan sepotong kurma. Jika kalian tidak mendapatkannya, maka dengan kalimat yang baik.‚ÄĚ HR An-Nasa‚Äôi, At Tirmidzi dan Ahmad.

 

10 Keutamaan dan Manfaat dalam bersedekah memuliakan Hidup

1. Menyucikan Diri

Dengan menyedekahkan harta yang dimiliki, dosa-dosa orang yang bersedekah akan dihapuskan.

Hal ini tentu saja dapat dituai jika dilakukan bersamaan dengan taubat atas dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya. 

Lakukan kewajiban yang harus diikuti dan hindari larangan-Nya, maka kamu akan terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. 

2. Pahala Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan tindakan yang mulia dan sangat dihargai oleh Allah SWT. Imbalan bersedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala. Setelah melakukan sedekah, pahala yang sudah kamu miliki akan dilipatgandakan. 

Pahala yang didapat akan lebih besar lagi jika sedekah yang dilakukan benar-benar murni dari hati, tanpa ingin diketahui oleh orang lain sama sekali. Jadi, tidak ada unsur ria atau ingin menyombongkan harta yang disedekahkan.

3. Mendapat Imbalan Berlipat-lipat

Selain mendapat pahala dan membersihkan diri dari dosa, bersedekah juga akan mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Tidak perlu takut kehabisan harta atau jatuh miskin setelah bersedekah, karena Allah SWT sudah menjanjikan balasan rezeki yang berlipatganda‚ÄĒbaik dalam bentuk uang atau rezeki lainnya yang tidak bisa dinilai dengan materi.¬†

4. Terhindar dari Marabahaya

Berhubungan dengan poin sebelumnya, terhindarkan dari marabahaya merupakan salah satu jenis rezeki yang tidak dapat dihitung dengan materi.

Terdapat dua sabda dari Rasulullah SAW, yaitu sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana atau musibah tidak dapat mendahului sedekah. 

5. Memberi Ketenangan Hati

Sedekah dapat menciptakan ketenangan hati. Ketika bersedekah, pasti akan muncul rasa senang karena telah memberi kepada mereka yang membutuhkan.

Setelah itu, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama.  

6. Sebagai Jaminan Hari Akhir

Orang-orang yang bersedekah merupakan orang yang masuk ke dalam golongan yang akan mendapatkan naungan di hari akhir.

Maksud dari pernyataan ini adalah ketika hari akhir datang dan tidak ada yang bisa melindungi dari panasnya matahari, orang yang melakukan sedekah dengan ikhlas sepanjang hidupnya akan berada di bawah naungan yang menyejukkan.

Hal ini bisa didapatkan jika kamu bersedekah tanpa pamrih atau ria, benar-benar tulus karena ingin membantu sesama dan juga karena Allah SWT.

 

Yayasan Sedekah
Yayasan Sedekah

BACA JUGA: PERBEDAAN INFAQ DAN SEDEKAH YANG TIDAK DIKETAHUI ORANG

 

7. Terbebaskan dari Siksa Kubur

Ketika sudah berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, terdapat pertanyaan perihal duniawi yang harus kamu pertanggungjawabkan.

Jika banyak melakukan hal yang dilanggar oleh Allah SWT dan tidak pernah berbuat baik, terdapat siksa kubur untuk membersihkan dosa-dosa di dunia. 

Pada saat ini sedang berlangsung, sedekah yang pernah dan sering kamu lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Seperti apa yang Rasulullah SAW katakan dalam HR Thabrani: ‚ÄúSedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur‚ÄĚ.¬†

8. Menyembuhkan Orang Sakit

Terdapat banyak orang yang sakit, namun hidup dalam ketidakcukupan atau bahkan kemiskinan. Dengan bersedekah ke orang yang membutuhkan, kamu bisa mengangkat beban mereka yang ingin berobat namun tidak memiliki uang. 

9. Menambah Umur

Sedekah dipercaya dapat memperpanjang umur seseorang, lho. Hal ini dikarenakan kualitas hidup akan meningkat jika sering melakukan sedekah, dengan membuat hati terasa tenang dan juga terhindar dari marabahaya dan segala bentuk kejahatan. 

10. Meninggal dengan Tenang

Manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak. Ketika bersedekah, kamu bisa memadamkan kemurkaan Allah SWT atas perbuatan dan kesalahan di dunia.

Dengan begitu, kamu pun dapat meninggal secara tenang tanpa beban atau dipersulit cara meninggalnya.

08881018710